Senin, Oktober 08, 2012

Bromo & Madakaripura I'm in love sesion 1

Assalamualaikum Bloggiest,...

Waaahhh da 5 hari gak nulis blog, lagi nggak konsisten nih, terlalu sibuk,hehehe... 
Sebenernya nggak juga sih, tapi untuk menimbulkan hasrat untuk menulisnya itu loh yang lagi rada-rada nggak mood. Bingung mau nyeritain apa. 
Nggak bisa juga kan semua hal disharing ke blog (kalo menurutku). 
Huuumm....jalan-jalan emang nyenengin dan hampir tiap awal bulan ngadain backpacker, hehehe...emang dasar hobby dolan dan pastinya ngabisin duwit..#tepokjidat
Tapi bagi saya, jalan-jalan nggak hanya sekedar sampai di satu tempat trus foto-foto, tapi selama saya melakukan perjalanan itu bisa jadi pengalaman yang kadang menambah value yang membuat jalan-jalan menjadi nggak sekedar jalan-jalan...:D

Awal bulan neh waktunya ke Bromo, setelah bulan kemarin ke Dewata Island dan sebenernya rencananya da lama banget dari pertengahan Maret baru kesampean kemarin...hihihihi..
Backpacker murah ala anak kos sama temen-temen yang nemu entah dimana, tapi seru juga kok...#Lol
Jadi gini ceritanya, kita ber-3 ngrencanain mau ke bromo soalnya kapan itu tertunda gara-gara hari raya Nyepi, so Bromo otomatis tutup kan??!! akhirnya kita ke Tanjung Papuma daripada gak kemana-mana...heheh...Tapi cerita ke Tanjung Papumanya gak da ya??? Laen kalee aku postingin deh...hhohooh..#Lol

Sebelum berangkat memang udah hunting gimana caranya ke Bromo, malah dari awal Januari da nyari info kemana-mana, dari mulai googling ampek hubungi para relasi...ciiieeee kayak org penting ja pakai relasi???..#lemparsendal
Akhirnya nemu juga pilihan jatuh ma mas Mufid guru backpacker yang bisa diandelin. 
Awal kenal ma mas Mufid juga karena dia temennya mas Rafik sohibku di tempat kerja lama, dapat nopenya langsung deh aku calling. Ternyata orangnya aseekk banget dan nyambung buat di ajak konsultasi apalagi mengenai gunung, ternyata neh orang da keliling hampir seluruh gunung se-Jawa-Bali..wooowwww...amaizing kan???!! dia juga punya rencana anaknya yang baru 2 tahun bakalan diajak mendaki G.Rinjani...busyeettt dehh si Bapak...#Tepokjidat.
Kebetulan juga pas aku mudik nyempetin ketemuan ma si mas Mufid buat nanyak-nanyak lebih lanjut. 
Okaaayy akhirnya kita sepakat pakai mas Mufid jadi sopir sekaligus guide...hahahha..
Tapi ketika rundingan bertiga kayaknya patungannya terlalu mahal buat budget kita, secara neh kan musim hemat, musim kawin so undangan numpuk...#hahahha, usut punya usut, cek dan ricek buat nyulik sapa ja yang mau jadi korban backpacker bersama kita...#jiaaahhh...akhirnya nemu juga temenku si Yudho, dan Riska juga ngajak 3 temennya akhirnya diel ber-7...aseeekkkk..seruu lho jalan bareng tiga cewek macan..#ouupss...hahhahaha...

Hari yang di tunggu akhirnya datang juga H-2, akhirnya da sesuatu yang mengganjal di hati semacam perasaan gak enak gitu, kemudian kepikiran buat calling si Yudho temenku. Setelah tanya-tanya dan menunggu kepastiannya, teerrraaa....dia positif gak ikut...why???
tiba-tiba pihak kantornya nyuruh dia lembur ke luar kota, OMG...kenapa mendadak banget, rencana ber-7 otomatis berkurang dunk..okaaay...sabar, tenangkan masih ber-6, gak papah to???!!
Riska siang-siang whatsapp aku, temenku yang satunya positif gak ikut mbak, tyuz si cupay ma Rio 50:50 soalnya Cupay juga mesti lembur kerja....huaaaa....dari awalnya yang seneng jadi gak bersemangat buat kesana. 
Kenapa mesti H-2 seh...kan tinggal lusa, mau nyulik sapa lagi coba klo mendadak kayak gini??!!..
Dengan semangat merayu sana-sini ampek hari H tetap gak dapat orang, bingung tanpa kepastian dari 2 orang temennya dek riska..
cuma bisa pasrah ja, klo emang menthok ya gak papah pergi ber-3 ja..dengan tyuz baca salawatan...:D #tepokjidat

Jum'at sore pulang kayak biasanya nebeng ma Pak win, Riska ma mbak Nda terpaksa di tinggal soalnya istri ma anaknya P' Win ultah makanya buru-buru pulang..maaph ya guys..
Jam 8 malam da nyampek di Malang, tyuz janjian ma adek ke MC.D sekalian adek bawain sepatu, syal, ma jaket, sekalian nungguin maz Mufid yang jemput di situ. 
Kontak-kontakan janjian tempat ma waktunya..huummm...berasa nulis undangan, heheheh...
Akhirnya mas Mufid epon klo mereka di depan MC.D dan akhirnya aku suruh masuk ja sekalian nunggu kabar dari Riska soalnya dia ngebus pastinya lama.
2 jam kita nungguin di MC.D , sampek da kabar dari mereka datang. Kemudian Rio temennya Riska bilang klo mereka da nyampek, okaayyy kita langsung cussss rumahnya Riska
Sampek disana ketemu ma temennya Riska, klo gak salah si Cupay namanya, huummm..dilihat-lihat okeehhlah kayaknya anaknya aseekkk, soalnya yang satu tadi ketemu di MC.D bolehlah...Ternyata bener mereka anaknya aseekk...hahahahhaa..#ketawasetan
Pukul 12 malam kita berangkat menuju ke Probolinggo, kira-kira 4 jam kemudian kita sudah sampek di penanjakan. Hummmm....masih guueellaaappp dan duiingginn beuudd...:P 
Akhirnya mas Mufid nawarin buat ke Lava view katanya di sana lebih bagus buat menikmati sunrise dan bisa menikmatinya tanpa berjubel ma orang sekampung...wuakakakka..
Secara kita maahh ngikut pa kata guide, kan kita baek neh..hahhaha..padahal gak tau..#ngeles jahh..:P
Wooowwww....pemandangan indah banget, belom juga liat sunrise da meleleh gini padahal masih gelap gulita, pa lagi ntar da terang...hhuummmm...bener-bener menakjubkan ciptaan Tuhan...

Demi sunrise walaupun mata masih kiyip-kiyip 5 watt, di terpa duinginnya Bromo kita tetep antusss buat ke Lava View. Awalnya semangat 45, tapi di tunggu lama kok mataharinya gak muncul-muncul. Huuumm....dengan sabar tetap nunggu sambil eksis pengabdian moment...#dasar narsis..
Tepat pukul 5 matahari mulai muncul, tepat di belakang kita backgroundnya G. Batok sama G. Bromo.
Pokoknya keren sampai nggak bisa berkata-kata (lihat deh di foto, hehehe) . 









Akhirnya setelah menikmati sunrise kita mesti sewa jeep buat ke bukit teletubbies dan padang Savana. Berhubung mas Mufid da kayak preman sana, dapetlah persewaan Jeep buat ke sana. Jalannya emang berbukit, seru lho kayak semacam X-trail gitu..hohohoh...
Area ini oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies, karena memang mirip dengan seting serial anak-anak Teletubbies. Walaupun sebenarnya tidak ada hubungan apa-apa antara lokasi ini dengan setting serial Teletubbies sesungguhnya.
Setelah sampek dibukit teletubies kita langsung foto-foto, secara moto kita "tiap icon mesti di abadikan"...hahahhaha...#lemparsendal








Nah karena keburu waktu, kita harus ngejar ke Bromo kalo kesiangan indahnya nggak nampol. 
Ternyata Bromo gunung yang nggak terlalu tinggi. Sampe-sampe bisa dibikin tangga dari ujung ke ujung. Saya seneng banget, sampai loncat-loncat kayak anak kecil, soalnya indahnya bener-bener bikin takjub sampai melongo. 
Disitu ada tempat ibadahnya juga, hamparan pasir, kuda-kuda sewaan, pengunjung berbagai usia dan para turis tumplek blek jadi satu. 
Nggak kebayang sebelumnya sampai seindah ini, karena biasanya Cuma lewat TV atau gambar atau internet, ternyata aslinya jauh…jauh… jauh lebih bagus.
Banyak turis yang terkagum-kagum karena pesona Bromo, dan katanya Indonesia bener-bener indah. Nggak ada di bumi belahan lain yang punya kayak gini. Oh iya donk, Indonesia…. hehehe, jadi terharu….

Udara yang bbrrrr, dingin, pemandangannya cantik, bunga lagi banyak bermekaran,kebun sayurnya terhampar luas dan seger banget, pokoknya cantik dan ternyata ada yang shooting Iklan, coba ada yang nyari figuran, kita bersedia dah (ngarep)..#tepokjidat
Apalagi disitu adatnya masih kental banget, berasa di Bali soalnya setiap rumah ada tempat sembayangnya, sebab mayoritas penduduk suku Tengger beragama Hindu Mahayana meskipun ada perbedaan dengan di Bali yang menganut Hindu Dharma.
Menurut legenda tentang asal usul Suku Tengger ini. Dahulu di pulau Jawa di perintah oleh Raja Brawijaya dari Majapahit yang mempunyai anak perempuan bernama Rara Anteng yang menikah dengan Joko Seger, keturunan Brahmana. Ketika terjadi pergolakan di pulau Jawa, sebagian masyarakat yang setia pada agama Hindu melarikan diri ke pulau Bali. Sebagian lainnya menarik diri dari dunia keramaian dan bermukim di sebuah dataran tinggi di kaki Gunung Bromo, dipimpin oleh Roro Anteng dan Joko Seger, jadilah mereka suku Tengger, kependekan dari Anteng dan Seger.
Ne semua menambah daya tarik Bromo sebagai wisata yang patut di kunjungi..





Setelah puas foto-foto, mengamati sekitar ada seneng, tapi ada juga rasa kasihan juga. Ada orang yah, jualan minuman sampe puncak Bromo,ada yang jual edelweiss yang warna-warni juga...huummm..terharu.. 
Temen-temen pada beli edelweiss lho dengan menawar gitu klo gak salah jatuhnya Rp. 5.000,- per-ikat murah banget kan???!!..nyesel juga gak beli..#huukk..
Tapi saya hebat, why??? saya jalan menuju kawahnya..hebatkan!!!
Gak pakai tongkat pa lagi sewa kuda lho??!!..jadi kita ber-3 jalan kaki, setapak demi setapak sementara Riska ma mbak nda sewa kuda gitu klo gak salah Rp. 25.000,-
Oya, disini juga sering diadakan upacara Kasodo lho, secara itu upacara adat rutin. Biasanya diadakan pada tanggal 14 dan 15 bulan ke duabelas (tahun Jawa) atau bulan Desember/Januari (tahun Masehi).Dalam upacara ini dikorbankan sebagian hasil sawah, ladang dan ternak masyarakat dengan melemparkannya ke kawah Gunung Bromo sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain Upacara Kasodo juga di kenal Upacara Karo Dan Ayak-ayak.




Bener-bener gempor dibuatnya, tapi yaaa..sampek juga di puncak kawahnya dengan ngos-ngosan. Setelah di atas Kawah bau belerangnya menyengat, nyesek banget jadi istirahat sebentar terus turun lagi. Tu aroma belerang udah bikin kepala nggliyeng gak karuan...padahal dari atas Kawah pemandangannya bagus banget..yeee...
Turun dari tangga setapak demi setapak dan saya hampir terpleset..heheheh...karna licin kena pasir gunung..untungnya saya gak kenapa-kenapa, klo gak bisa abis diomelin mamah di rumah..hehehe..
Lumayan capek juga ternyata, sebelum meninggalkan Bromo saya beli oleh-oleh kaos Bromo sama mbak Nda, huumm...pakai tawar menawar yang cukup lama, hehehe..akhirnya dapat juga kaos Bromonya buat Cheryl. 
Satu lagi saya kasih rahasia yaakk..di sini masyarakatnya terkenal jujur, baik hati dan tepat janji. So..bagi kalian yang baru pertama kali datang, jangan takut dengan masyarakat Tengger. Mereka terkenal baik hati  lho..beberapa pedagang lokal yang menjual barang pun dengan harga wajar dan mutu yang bagus. Jadi belanja banyak pun ga ngerasa rugi..hohohoh...:D

Setelah menikmati indahnya alam Bromo, kita melanjutkan perjalanan menuju air terjun Madakaripura. 
Kisah selanjutnya ke Madakaripura bersambung dulu ya dear, disini

2 komentar:

  1. waahh.. ralat2...
    aku dr awal udahbilang temenq 3 yang ikut, tapi yang pasti 2. karna 1 ne termasuk ISTI.
    H-7 baru aku deal-kan kalo tmnq br2 doank yang postif.
    :P

    BalasHapus
  2. oyaa yaaa...huumm...kenapa jadi pikun begini aq..haahhaa..ya wez nanti di ralat...:D

    BalasHapus