Jumat, Agustus 31, 2012

Long Holiday

Heyya bloggist...

Ada yang berbeda di lebaran tahun ini, ya aku dapat berkunjung dan berkumpul dengan keluarga besarku di Blitar sendiran. Why ??? karena adekku da merid jadi dia lebih memilih kumpul bareng keluarga istrinya, sedangkan Mamah ma Ayah lagi sibuk ma urusan mereka sendiri. Sebel seh, mereka tidak ikut lebaran ke rumah eyang.
Hari itu tanggal 18 Agustus, tepat dimana H-1 lebaran, pagi sekitar pkl. 7.00 aku berangkat dengan mengendarai motor si blacky ( begitu aku memanggil si Spin motor matic ku ), dengan segala perlengkapan yang aku butuhkan dan sedikit mengecek blacky apa ada yang kurang, akhirnya aku cabut buat menyusuri sepanjang jalan di kota Malang yang kebetulan hari itu dingin banget. Tak lupa membawa syal dan jacket tebal serta memakai sepatu ket kuputuskan untuk berangkat, 2,5 jam kemudian aku sampai di kota Blitar tempat si mbah putri dari Ayah. Cukup lama emang waktu yang aku tempuh dari biasanya, padahal jalanan sepi di karenakan aku memang memperlambat laju motorku untuk sekedar menikmati pemandangan di wilayah Bendungan Karangkates.
Sayangnya pagi itu kamdiku tertinggal di rumah, sehingga tidak bisa mengabdikan moment di sekitar bendungan. Tepat pukul 9.30 aku tiba di rumah si mbah putri, bersalaman kemudian melepas jaket, tak lupa memarkirkan si Blacky biar tidak kepanasan. 

Berhubung di rumah si mbah sendirian maka kuputuskan untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke rumah Eyang putri dari Mamah. 
Si mbah : nduk, ndang nyekar sek nang leluhurmu terus turu ( nak, buruan nyekar ke eyang buyut setelah itu istirahat)
Aku : iya, mbah..
Dasarnya aku da males dan cuapeekk banget dengan setengah hati mengajak anak tetangga depan rumah buat nyekar ke makan mbah buyut. 15 menit setelah membeli 6 bungkus bunga, kemudian langsung meluncur ke makam yang sebenarnya tidak begitu jauh dari rumah si mbah. 
Memang sudah lama sekali hampir 8 bulan tidak ke makam mbah buyut, pa yang terjadi....
traallaaaaa.....lupa...bener-bener lupa letak makam si mbah buyut.
Mencari-cari tiap tulisan dan membacanya sambil mengingat-ingat letaknya, tetap tak ingat...
Epon Ayah...3x tak di angkat bikin kesal....huuuffhhhh....
pengin nangisss...teriaakkk...udah panas lagi di makam...astagfirullah...sabar...kan puasa juga....
tyuz manggil namanya si mbah buyut dalam hati....
alhamdulillah Allah langsung nunjukin...ketemu...emang seh, nama yang di goreskan di nissan tinggal samar-samar dan sebangian ilang, pantes di cari ampek gempor juga gak bakal nemu....heheheh...
Akhirnya satu persatu ketemu, makam si mbah buyut, eyang kakung dari Ayah, eyang putri (kandung) dari Ayah tyuz aku langsung berdoa yang terbaik untuk keluarga kami dan juga kebahagiaan beliau2 disana semoga diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin... dan langsung pulang, bawaannya cuma ingat kasur ma bantal...heheheh..
Setelah istirahat siang kira-kira pkl. 4.00 sore aku pamitan ma si mbah putri buat nerusin kerumah eyang putri yang letaknya di kota Blitar. 
Cuussss Blitar...sampai di halaman rumah eyang putri da di sambut 2 ponakan yang lucu dan tentunya si Eyang.
Salim, tyuz pelukkk..kangen..kangen....muaachh....

Hari kedua, dimana bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1433 H. Baru tahun ini aku dapat melaksanakan sholat ied, sudah 3 tahun berturut-turut tidak dapat melaksanakan sholat ied walaupun puasanya penuh tanpa ada yang bolong. Alhamdulillah tahun ini bisa melaksanakan di rumah Eyang putri, sekitar pkl. 4.00 aku bangun tyuz eyang masakin air buat mandi secara hari itu dingin banget. Ehhhh..berhubung mesti antri ma anggota kluarga yang lain, dapetlah mandi pkl. 5.15 tyz ganti baju dan gak sempet dandan..oouuppsssWarna putih menjadi warna dominan di hari yang suci ini.

Senang rasanya bisa melaksanakan sholat ied bareng keluarga, namun kesenangan itu tidak luput dari kesedihan. Untuk ketiga kalinya, kami sekeluarga tidak ditemani oleh Eyang Kakung lagi, karena beliau sudah pergi meninggalkan kami untuk selama-lamanya. Sedih, tentu saja. Rasanya seperti ada yang hilang. Saat kami hendak sungkeman, disitulah semua merasakan ada yang 'kurang' lebaran tahun ini, dan juga selamanya walaupun tahun-tahun sebelumnya kami semua juga merasakan hal yang sama. Suasana berubah menjadi campur aduk antara sedih dan juga senang. Kami semua ikhlas dengan kepergian eyang kakung karena kami yakin itulah jalan yang terbaik untuk eyang.

Tidak terlalu lama saat yang paling di tunggu oleh semua orang tiba, yaitu makan! Hahaaahaa. Kare ayam, soalnya eyang putri tau klo aku paling suka kare ayam buatannya plus sayur So ( daun belinjo ) di masak bobor gitu. Tanpa basa-basi langsung melahap habis makanan di piring kayak 3 hari gak makan..hahahahah...
Betapa menyenangkannya bisa berkumpul seperti ini lagi, perjalananan gak habis di situ dengan semngat 45 aku dan sepupu melanjutkan berkunjung kerumah paman yang letaknya lumayan jauh dari kampung. Huuummm.....jalan yang terjal. berbukit, dan sedikit liku-liku tak menghalangi niatku mengunjungi rumah paman. Sebut saja namanya Om No, kami biasa memanggil nya P' No, yaaa...yaaa...hanya tiap lebaran saja aku bisa mampir kesini, klo laen hari hampir tak pernah. Setelah sejam perjalanan dengan mengendarai si blacky sampailah aku di rumahnya. Seneng banget meskipun lelah, tapi pemandangan di sekitar rumah P' No bagus banget, tepat di leher bukit, hehehhe...sayang banget mengabdian moment gagal gara-gara kamdi ketinggalan di rumah. 
Tak terasa jam sudah menunjukkan pkl. 2.00 siang, akhirnya aku putuskan untuk kembali kerumah eyang putri. Tak lupa di tengah perjalanan mencoba Bakso bakar khas Blitar, lumayan se rasanya walaupun tak seenak Bakso bakar Malang..:P

Hari ketiga, aku habiskan dengan mengunjungi rumah sodara deket rumah eyang. Dimulai dari pagi hingga malam, dan hampir 80% sudah bertemu dan bercengkrama dengan mereka. Seneng banget rasanya...:)) 

Hari keempat. Waktunya ninggalin rumah eyang putri, rasanya gak mau pisah apalagi eyang minta aku buat balik hari minggu ja, huuffhhhhh......
Penginnya seh gitu eyang tapi gak mungkin terlalu mepet, capek kapan istirahatnya aku...huukkss..huukss..Dengan berat hati eyang ngizinin aku pulang, tyuz sebelum balik ke malang nginep semalem di rumah si mbah putri.

Hari kelima. Akhirnya waktu liburan pun telah usai, pagi banget udah bangun tyuz mandi dan prepare tapi si mbah nglarang pulang klo belom sarapan si mbah emang pengertian banget. Tepat jam 9.00 cuusss Malang.....yyeeaaaaaa....
Sepanjang perjalanan pulang aku menikmati tiap kelokan gunung, pohon, jurang dan keindahan di sekitarnya...
Amaizing....whahahahha...

5 hari yang sangatlah menyenangkan. Tidak sabar untuk bisa kembali mengunjungi keluargaku. Dan itulah cerita lebaran tahun ini. Dan semakin kesini aku pun semakin belajar, bahwa kami memang tidak bisa hidup sendiri. Karena keluarga adalah segalanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar